BREAKING NEWS

[5]
IBX5901B73652374

Fort Rotterdam Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak Fort Rotterdam berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng ini telah dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna. 
Fort Rotterdam Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan
Fort Rotterdam Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan. (foto: travel.grify.com)
Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, akan tetapi Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst di daerah Maros. Benteng Ujung Pandang bentuknya seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang bisa berjaya di daratan maupun di lautan.

Di Dalam Fort Rotterdam di bangun Museum Negeri La Galigo yang menyimpan peninggalan  dari Tana Toraja. Istilah La Galigo diambil dari sebuah epos yang berjudul I La Galigo, merupakan karya sastra yang menjadi kebanggaan orang Bugis .Nama I La Galigo adalah salah satu tokoh ahli sastra di Kerajaan Luwu dan Wajo pada abad 14.
Fort Rotterdam Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan Fort Rotterdam Peninggalan Kerajaan Gowa Tallo di Sulawesi Selatan Reviewed by Syarifah Aqila An-Najah on 20.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sora Templates